Umroh Ramadhan “Berpahala Setara Dengan Haji”

Umroh Ramadhan “Berpahala Setara Dengan Haji”

Umroh Ramadhan – Umroh adalah ibadah mulia yang memiliki keutamaan yang sangat besar. Terlebih lagi jika dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala setara dengan haji. Dari Ibnu Abbas ra, bahawah Rasulallah Saw. pernah bersabda, yang artinya;

“Umroh di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah haji”
(HR Bukhori dan Muslim)

Dengan adanya hadist tersebut maka tidak heran jika banyak orang yang ingin menunaikan umroh saat bulan ramadhan tiba. Walaupun harus mengeluarkan biaya lebih mahal dibanding saat memilih paket umroh dibulan lainnya.

Pilihan Paket Umroh Ramadhan

Untuk memenuhi kebutuhan calon tamu-tamu Allah pada bulan Ramadhan, beragam pilihan paket umroh yang ditawarkan biro travel, dimulai fasilitas hotel bintang tiga, hingga bintang lima. Selain peilihan hotel, juga beragam pilihan durasi hari yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing calon jamaah umroh Ramadhan.

Biaya Paket Umroh Ramadhan

Mau umroh di bulan Ramadhan? Jika iya, siap-siap merogo kocek lebih dalam, karena pada umumnya biaya Paket umroh Ramadhan lebih mahal dibanding paket umroh bulan lainnya.

Sebagai perbandingan, berikut info paket umroh Ramadhan dan paket umroh bulan lainnya dari travel ESQ Tours periode tahun 2019-2020:

Paket Umroh Ramadhan
Biaya /orang : Rp 44.400.000
Fasilitas Hotel ★★★★★
Program : 09 Hari PP

Paket Umroh Desember
Biaya /orang : Rp 37.00.000
Fasilitas Hotel ★★★★★
Program : 09 Hari PP

Note:
*biaya paket umroh diatas hanya untuk perbandingan saja saat tulisan ini dibuat!

Hal Penting yang Harus Diketahui Terkait Umroh Ramadhan

Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk melaksanakan umroh di bulan Ramadhan? Jika iya, berikut hal-hal penting yang harus dilakukan agar niat suci Anda berjalan dengan lancar:

1. Lakukan Pendaftaran Dari Jauh-Jauh Hari
Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan favorit untuk melaksanakan ibadah umroh. Tidak heran jika kuota paket umroh ramadhan akan cepat habis. Nah, jika tidak mau kehabisan kuota lakukan pendaftaran dari jauh-jauh hari.

2. Menjaga Kesehatan Selama di Tanah Suci
Umroh adalah ibadah yang membutuhkan fisik yang kuat, terlebih lagi jika dilakukan pada bulan Ramadhan, pastinya akan membutuhkan kekuatan fisik yang lebih extra. Nah, agar kesehatan selama umroh Ramadahan tetap terjaga berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

  1. Saat Berbuka
    Kurangi memakan makanan yang berminyak, rasa pedas berlebihan, dan minuman yang mengandung kafein atau soda agar tak menimbulkan beragam masalah kesehatan.

    Sebaliknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan kaya akan protein untuk mengembalikan stamina dan energi setelah berpuasa seharian, salah satu diantaranya adalah berbuka dengan buah Kurma seperti yang dicontohkan Rasulallah Saw. saat berbuka puasa. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,


    كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

    Yang artinya:

    “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” (HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

    Hadits diatas merupakan petunjuk bagi umat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berbuka puasa. Dimana makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa mampu menjadi penyemangat serta mengembalikan stamina dan energi dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

  2. Saat Makan Saur
    Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayur mayur, madu, susu dan vitamin pedukung untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap baik saat menjalankan ibadah puasa.
  3. Isntirahat yang Cukup
    Memaksimalkan ibadah saat umroh Ramadahan adalah yang utama, tujuannya agar mendapat pahala yang berlimpah. Tapi jangan juga terlalu memforsir tenaga, karena tubuh membutuhkan istirahat yang cukup supaya kesahatan tidak drop.
  4. Menggunakan Masker
    Keadaan udara yang panas, kering, berdebu seperti di Arab Saudi rentan menyebabkan timbulnya berbagai gangguan pernapasan termasuk Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Oleh karena itu sebagai tindakan pencegahan jamaah umroh Ramadhan sangat disarankan menggunakan masker, terutama bila berada di luar ruangan.

    Note:
    *Jika dalam keadaan beihram tidak disarankan memakai masker, karena hal tersebut termasuk perkara yang dilarang saat ihram.

Itulah beberpa penjelasan mengenai umroh Ramadhan. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan dimampukan untuk memenuhi panggilan-Nya ke tanah suci. Aamiin ya Rab…

Leave a Comment